Uncategorized

Sejarah Sepak Bola

Untuk semua tendangan bebas yang dilakukan di dalam area 5, 5 meter (kotak dalam kotak penalti), pemain bisa meletakkan bola di sembarang titik dalam area. Bola masih belum hidup sebelum sepenuhnya keluar dari kotak penalti. Bek biasanya bermain di belakang garis tengah lapangan untuk mencegah tim lawan mencetak gol. Pemain ini perlu menghentikan operan lawan dan biasanya lebih besar dibandingkan pemain-pemain lainnya. Menurut Wenger, dalam sepakbola ada miliaran situasi berbeda yang mungkin terjadi dan tidak ada situasi yang persis sama dengan yang sebelumnya.

Jika pemain mendapatkan 2 kartu kuning maka pemain tersebut akan mendapatkan kartu merah dan harus keluar dari pertandingan tanpa dapat digantikan dengan pemain lainnya. Sepeninggalan Soeratin Sosrosoegondo, prestasi tim nasional sepak bola Indonesia tidak terlalu memuaskan karena pembinaan tim nasional tidak diimbangi dengan pengembangan organisasi dan kompetisi. Pada era sebelum 1970-an, beberapa pemain Indonesia sempat bersaing dalam kompetisi internasional, seperti Ramang, Sucipto Suntoro, Ronny Pattinasarani, dan Tan Liong Houw.

Kata “Sepak Bola” berasal dari dua kata yaitu “Sepak” dan “Bola”. Jadi sepak bola dapat diatikan sebagai suatu permainan yang dilakukan dengan cara menendang bola kian kemari yang dilakukan oleh pemaian, dengan sasaran gawang dan bertujuan memasukan bola ke gawang lawan. Filosofi ini akan memberikan panduan dalam hal lingkup sepak bola, seperti penjenjangan latihan berdasarkan usia, pengembangan teknik pemain, dan ciri-ciri bermain di lapangan. Perlu dicatat bahwa Kurikulum Pembinaan Sepak Bola Indonesia ini bukan untuk menyeragamkan taktik setiap klub, namun ini akan menjadi ciri pemain Indonesia di pentas Internasional.

Tentunya masuk akal karena dalam sepakbola, masing-masing tim memiliki sebelas pemain di atas lapangan hijau dan setiap pemain memiliki karakteristik dan kemampuan yang berbeda satu dengan yang lain. Banyak hal yang mempengaruhi penciptaan situasi ini termasuk gaya bermain, taktik, dan sistem yang digunakan oleh para manajer dari kedua tim dalam permainan. Olahraga ini memiliki sejarah panjang yang tersebar dan dicintai di seluruh dunia. Sejarah sepak bola untuk memasuki Indonesia tidak dapat dipisahkan dari negara lain yang berdagang atau menjajah.

Permainan dapat dilanjutkan kembali dengan melakukan add in atau lemparan ke dalam. Sebaliknya, tendangan gawang terjadi ketika bola melewati garis lebar lapangan (tetapi bukan garis gawang) dan pemain terakhir yang menyentuhnya adalah tim menyerang. Tendangan gawang akan dilakukan oleh tim bertahan dan lazimnya ditendang oleh kiper, meskipun pemain lain boleh melakukannya.

Sejarah sepak bola seringkali tak hanya ditentukan oleh sebuah pertandingan di atas lapangan. Jauh sebelumnya, ada seorang pelatih (atau manajer, dalam tradisi Inggris) yang membangun tim dengan kata-kata. Dan dari seorang Bill Shankly, manajer Liverpool, kita tahu betapa kata-kata adalah kekuatan, pernyataan adalah upaya untuk membangun dominasi dan kuasa.

Selain itu, PSSI juga mengembangkan kompetisi sepak bola wanita dan kompetisi dalam kelompok umur tertentu seperti U-15, U-17, U-19, U21, dan U-23. Tendangan pinalti dilakukan saat pemain dari tim lawan melakukan pelanggaran di dalam kotak pinalti, entah hands ball, menjatuhkan pemain lawan dengan sengaja dan pelanggaran lainnya. Salah seorang pemain akan ditunjuk untuk mengeksekusi bola menuju gawang.

Kerja sama tim merupakan salah satu pengejawantahan bahwa kita merupakan makhluk sosial. Sedangkan lawan merupakan rintangan dan tantangan hidup yang harus ditaklukkan untuk bisa menciptakan dan mencapai tujuan. Bola dinyatakan keluar atau out jika keluar dari garis gawang atau misalnya ada pemain yang cidera dan wasit meminta agar bola dikeluarkan dari garis lapangan.